Selamat Datang di Portal Sekolah

Mengintip Rahasia Dapur Karakter SDIT Gameel Akhlaq


Sebagian ayah atau bunda mungkin penasaran, apa saja sih kegiatan anak-anak di sekolah yang berkaitan dengan pembiasaan dan penanaman karakter. Program penanaman karakter di SDIT Gameel Akhlaq selalu terintegrasi dengan semua kegiatan yang lain yaitu pada kegiatan pembelajaran, kegiatan ibadah, kegiatan ekskul dan kegiatan Al-Qur’an (BTAQ) . Artinya adalah disetiap kegiatan-kegiatan tersebut selalu disisipkan program penanaman karakter.

Penanaman karakter pada siswa-siswi memang butuh proses dan perjuangan, sebagaimana mengukir disebuah batu. Maka dari itu harus didukung oleh seluruh orang tua di rumah. Berikut beberapa kegiatan penanaman karakter diantaranya adalah :

1. Mengantri 
Kebiasaan mengantri ini dilaksanakan saat pengambilan Catering dan mencuci piring. Banyak diantara kita yang masih mengabaikan masalah mengantri. Padahal dari mengantri anak-anak belajar berbagai hal diantaranya adalah : kesabaran, disiplin, menghargai orang lain, mendahulukan orang lain, membiasakan diri datang lebih awal, dan lain-lain. Maka dari itu janganlah mengabaikan karakter tersebut.

2. Makan Bersama
Dengan makan bersama akan melatih kebersamaan baik sesama siswa maupun bersama guru. Selain itu akan memupuk semangat dan nafsu makan siswa. Serta membiasakan berdoa sebelum dan sesudah makan.

3. Membersihkan Sisa Makanan
Setelah siswa selasai makan bersama, siswa dibiasakan untuk membersihkan sisa makananya, baik yang tumpah atau yang berantakan dilantai. Hal ini akan melatih rasa tanggung jawab siswa, membangkitkan semangat untuk menjaga kebersihan.


4. Mencuci Piring
Mencuci piring setelah makan sudah menjadi kebiasaan siswa-siswi SDIT Gameel Akhlaq. Terutama bagi siswa   kelas I memang masih berantakan, masih sambil bermain dan bercanda. Namun itulah anak-anak. Namun dengan bimbingan guru maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan baik dan tertib. 


5. Mencuci Tangan

Setelah mencuci piring kebiasaan mereka selanjutnya adalah mencuci tangan. Kebiasaan ini adalah bagian dari menanamkan kebasaan hidup bersih dan sehat kepada siswa.

Ayah dan bunda pembiasaan dan penanaman karakter diatas adalah baru sebagian kecil kegiatan di SDIT Gameel Akhlaq. Dan masih banyak lagi penanaman karakter yang lain dan mudah-mudahan akan menjadi bekal anak-anak sebagai pembelajaran kehidupan kelak setelah mereka sudah besar. [kepsek]

PPDB SDIT GAMEEL AKHLAQ GEL. II
KLIK DI BAWAH INI
https://ppdb.gamais.sch.id/


Share this post :

KLIK LIKE FB KAMI

TERPOPULER

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. SDIT GAMEEL AKHLAQ | TAMAN AL-QUR'AN DAN SAINS - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger