Selamat Datang di Portal Sekolah

Permainan Yang Tepat Untuk Anak ADHD

Parenting GAMAIS-Anak-anak dengan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder terkenal sulit berkonsentrasi untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, untuk membantu si kecil berkonsentrasi, tak ada salahnya bila Anda mencoba beberapa permainan untuk anak ADHD berikut ini!

Berikut ini 6 Permainan untuk anak ADHD agar mereka dapat berkonsentrasi dan merasa lebih baik.

Cobalah lakukan beberapa permainan ini bersama anak Anda:

1. Berenang

Berenang adalah salah satu kegiatan luar yang terbaik untuk anak ADHD. Sebab dengan berenang, anak-anak akan kehilangan cukup energi sembari meningkatkan kepercayaan dan fokusnya.
Anda bisa mempertimbangkan anak untuk mengikuti kursus berenang. Berenang akan menjadi pendorong kepercayaan diri yang besar baginya.

2. Olahraga tim

Setiap jenis olahraga tim adalah cara yang baik untuk membangun keterampilan sosial anak. Beberapa olahraga tim yang cocok untuk anak-anak dengan ADHD adalah sepak bola atau bola basket. 

3. Bersepeda

Bersepeda telah memberikan hasil yang positif untuk anak-anak dengan ADHD. Beberapa manfaat bersepeda setiap hari adalah:
  • Mengurangi impulsif dan meningkatkan perhatian
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan pemrosesan informasi
  • Bantu anak-anak lebih memahami perasaan mereka
  • Tingkatkan kinerja kognitif
  • Membantu menjaga BMI (Body Mass Index) yang sehat dengan mengurangi lingkar pinggang

4. Kelas seni dan musik

Jika anak Anda tertarik pada musik, gambar, atau drama. Buatlah dia menekuni hal tersebut. 
Bernyanyi adalah cara yang menarik untuk menghabiskan waktu. Selain itu, kegiatan ini juga membantu dalam meningkatkan perkembangan bahasa, keterampilan sosial, dan konsentrasi anak. 
Tidak hanya itu, bernyanyi atau kegiatan seni lainnya juga bisa membantu anak mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan membangun kepercayaan diri. 
Hal ini adalah salah satu kegiatan terbaik untuk anak-anak ADHD prasekolah.

5. Berlari

Cobalah ajak anak untuk berlari-lari disekitar taman atau kompleks perumahan Anda. Berlari adalah salah satu kegiatan untuk anak ADHD yang terbaik.
Berlari melibatkan gerakan konstan dan menghabiskan energi. Ini akan memberi anak Anda rasa berprestasi dan menenangkan pikirannya.

6. Permainan papan

Jika Anda mencari beberapa kegiatan di dalam ruangan maka permainan papan merupakan pilihan yang baik. 
Duduk mengelilingi meja dan bermain beberapa permainan papan mungkin bukanlah hal yang terlalu menyenangkan buat anak. Namun kegiatan ini mengajarkan anak untuk bergiliran dan fokus. 
Pilihan permainan teka-teki sederhana adalah kegiatan yang terbaik untuk balita dengan ADHD. Jika ternyata anak Anda menyukainya, Anda bisa mengenalkannya pada permainan papan lain yang membutuhkan rentang perhatian lebih lama, misalnya seperti catur.
Permainan papan adalah cara mudah untuk meningkatkan kinerja dan konsentrasi kognitif pada anak-anak dengan ADHD.
Share this post :

KLIK LIKE FB KAMI

TERPOPULER

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. SDIT GAMEEL AKHLAQ | TAMAN AL-QUR'AN DAN SAINS - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger