Selamat Datang di Portal Sekolah

Dauroh Mentor SDIT – SMPI Gameel Akhlaq

Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Dengan adanya pendidikan, maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan agama, bangsa dan negara, maka usaha pendidikan menjadi sangat penting bagi anak bangsa.

Pada intinya pendidikan itu bertujuan untuk membentuk karakter seseorang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi kebanyakan pendidikan hanya menekankan pada intelektual saja, dengan bukti bahwa adanya UN sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan tanpa melihat proses pembentukan karakter dan budi pekerti anak.

Maka dari itu SDIT – SMPIT Gameel Akhlaq lahir dengan penuh kesadaran bahwa dalam rangka memperkuat aqidah dan pembentukan karakter , maka perlu melakukan optimalisasi kegiatan Mentoring wajib bagi siswa. Karena kegiatan mentoring adalah sarana penting untuk menunjang penguatan aqidah dan pembentukan karakter tersebut. Dauroh Mentor  yang diadakan SDIT – SMPIT Gameel Akhlaq adalah ujung tombak   memperkuat para dewan guru yang berperan sebagai MENTOR atau MUROBBI.

Ustd. Dr. Sigit Pupito Wigati, M. Kom sebagai pemateri pertama menjelaskan bahwa tugas Mentor atau Murobbi adalah memberikan arahan, memberikan stimulus, memberikan bimbingan dan tauladan kepada menti ( orang yang dibimbing ). Beliau juga mengatakan bahwa karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang Mentor atau Murobbi adalah memiliki kesabaran, keikhlasan, empati, inspirator dan menjadi tauladan yang baik.

Ustd. Ahmad Syahidin, Lc. MA, sebagai pemateri kedua menjelaskan bahwa  pentingnya Tarbiyah Islamiyah ( pentingnya pendidikan Islam ) adalah bahwa umat Islam mewarisi Al-Qur’an dan Hadist yang harus di pelajari dengan sempurna, maka dari itu untuk bisa mempelajari Al-Qur’an dan Hadits membutuhkan seorang guru, mentor atau murobbi.

Tarbiyah Islamiyah harus dituntut oleh semua muslim sampai ke liang lahat.
اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ
“Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat”

 Maka dari itu seorang mentor untuk dapat mentranfer keilmuan, aqidah akhlaq dan karakter kepada menti, maka ia pun harus mendapatkan Tarbiyah Islamiyah dari seorang mentor. Semoga dengan adanya dauroh mentor SDIT  - SMPIT Gameel Akhlaq akan memperkokoh dan mengoptimalkan peran para mentor yang akan membimbing siswa memiliki Salimun Aqidah ( Aqidah yang baik ), Matinul Khuluq ( Akhlaq yang baik/kokoh ), Qowwiyul Jism ( Kekuatan Jasmani ), Mutsaqoful Fikr ( wawasan berfikir ), Harishun ‘ala Waktihi ( pandai memanfaatkan dan menjaga waktu ), Munazhom Fii syu’unihi ( disipilin dalam segala urusan ).
[agg]
Share this post :

KLIK LIKE FB KAMI

TERPOPULER

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. SDIT GAMEEL AKHLAQ | TAMAN AL-QUR'AN DAN SAINS - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger