Selamat Datang di Portal Sekolah

AJARKAN KESABARAN DAN KEIHKLASAN DI MOMENTUM IDUL QURBAN 1437 H



Kegiatan pemotongan hewan qurban yang diadakan SDIT – SMPIT GAMEEL AKHLAQ pada hari Rabu, 14 September 2016 atau bertepatan dengan tanggal 12 Dzulhijjah 1437 H berlangsung sangat khidmat sekaligus meriah. Acara pemotongan hewan qurban yang diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Ustd. Muhammad Soleh, S.Pd.I. Beliau berpesan bahwa momentum Idul Qurban adalah menapak tilas sejarah Islam tentang kesabaran dan keikhlasan nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Kita sebagai umat Islam seharusnya mencontoh kesabaran dan keikhlasan mereka.

Setelah acara pembukaan dan sambutan selesai kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban kambing 2 ekor dan sapi 1 ekor. Dalam kegiatan pemotongan hewan qurban diharapkan siswa dan siswi menyaksikannya, sebagai bentuk pembelajaran bagi mereka. Seperti menjadi kebiasaan dan  program setiap kelas 7 - 9 dibagi tugas oleh panitia qurban untuk   pengolahan hewan qurban tersebut yaitu ada yang bagian menguliti, pemotongan daging, tulang, jeroan, kebersihan dan lain – lain.

Di tempat terpisah siswa dan siswi SDIT GAMEEL AKHLAQ setelah mereka menyaksikan prosesi pemotongan hewan qurban, kegiatan mereka dilanjutkan dengan menonton kisah tentang Nabi Ibrahim as dan anaknya nabi Ismail as. Sebelum penyetelan film tersebut dimulai, Ustd. Agung Nursidik menyampaikan pesan bahwa kisah yang akan kita tonton adalah kisah ujian ketakwaan, kesabaran dan keikhlasan yang dilakukan oleh nabi Ibrahim as dan anaknya Nabi Ismail as. Kisah itu sudah menjadi pengetahuan bagi seluruh umat muslim, dan setiap tahunnya, jutaan umat muslim melaksanakan ritual ibadah haji sebagai bentuk keteladanan terhadap perjalanan pengorbanan yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim beserta keluarganya. Setiap rukun haji melambangkan kejadian yang dilakukan oleh Siti Hajar, Nabi Ibrahim a.s, dan anaknya, Ismail. Seperti lari-lari kecil (sa’i), melempar jumroh, termasuk menyembelih hewan kurban.

Ucapan terima kasih panitia  kepada seluruh dewan guru, siswa – siswi dan para orang tua yang turut serta memberikan hewan qurbannya. Semoga Allah menerima amal ibadah qurban kita tahun ini. Amiin ya Robbal Aalamiin.

[team media gamais ]
Share this post :

KLIK LIKE FB KAMI

TERPOPULER

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. SDIT GAMEEL AKHLAQ | TAMAN AL-QUR'AN DAN SAINS - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger